Senin, 02 Februari 2009

POLUSI BAHASA

Saya bukan ahli bahasa saya Cuma ingin menulis untuk mengisi blog ini agar tidak terlalu kosong. Dalam perkembangan perbahasaaan Indonesia banyak sekali inovasi-inovasi yang saya rasakan seperti bahasa – bahasa gaul, atau prokem. Sebenarnya sah-sah saja bahasa prokem atau gaul kita ucapkan, tergantung selera masing-masing. Disini saya tidak akan membahas masalah bahasa gaul karena belum tentu saya ngerti. Tapi setelah melihat perkembangan jaman saya melihat banyak sekali penggunaan bahasa yang menurut saya salah saya tidak tahu menurut anda. Terutama dalam segi penempatan kata yang sering kita dengar dari mulut anak-anak remaja yang katanya anak-anak gaul jaman sekarang.

Mari kita lihat penempatan beberapa kata yang kadang salah, yaitu seperti kata : Abis, secara, gila, mampus.contoh salah penempatan yang sering diucapkan oleh anak muda sekarang seperti.

secara dia cowok gue gitu” kata secara disini menurut saya salah penempatan kemudian “ tuh orang tajir mampus” kata mampus disini saya anggap salah karena tidak ada hubungannya dengan tajir itu sendiri. Terus juga ada kalimat “ tuh cowok ganteng gila gitu” apakah kata gila itu bisa dihubungkan dengan kata ganteng dan siapa juga yang mau ganteng tapi gila. Kebanyakan orang pasti maunya ganteng ya ganteng seperti saya (narsis..gila ga gue..? ) waduh ko saya malah yang salah.

Jadi kesimpulannya bahasa Indonesia kita sudah terkena polusi dan saya anggap itu polusi bahasa. Namun semuanya tergantung persepsi masing-masing belum tentu pendapat saya itu benar dan juga belum tentu salah. Jadi bagaimana menurut anda..???

1 komentar:

Anggie Hsb mengatakan...

iya siy bahasa indonesia jadi aneh yah sekarang..gara2 anak2 gaul niy...masa bodo ah...apa coba artinya???

 
template by : uniQue  |    modified by : your name